19
Nov
08

What’s Wrong With My Toshiba NoteBook???


Pertama saya bawa notebook toshiba (type : Satellite A205-S4597) yang saya beli dari jogja ke negri yang jauh dari nusantara tercinta, iran. awalnya sewaktu di jogja laptop ini gak ada masalahnya, hanya ada sedikit masalah di driver soundcard (gak tau bner apa gak, ini kata orang dari dealer/tokonya) sewaktu terjadi kerusakan pada soundcard, saya langsung pergi ke toko yang menyediakan jasa garansi toko (toshiba seri xx5 BM, jadi garansi toko bukan dealer resmi yang ada di indonesia (garansi toko 1thn)) setelah beberapa hari, lalu saya datangi dan menanyakan tentang kelanjutan pembenaran output sound toshiba notebook yang saya miliki, done !! dengan segala keramah-tamahan costumer service yang ada, saya cukup merasa puas. kejadian terulang ketika saya jauh berada di negri yang terkenal dengan permadani, kucing, dan mollahnya. hal ini mungkin sedikit sama tapi jauh berbeda😀 kerusakan yang sama terulang, namun tidak ada lagi solusi bagi saya untuk memperbaiki kerusakan pada soundcard toshiba notebook yang saya miliki ini, pontang panting gak karuan cari pcmcia di negri persia ini, gak nemu-nemu, sampe ke ibu kotanya susah dicari, yang ada ditawari dgn harga yang mungkin dapat dibilang jauh di atas perkiraan, kira2 sekita 100USD. (Creative aja klo gak salah 85USD (sumber : internet (pasar online Indonesia)), yang ditawarin mungkin emang punya toshibanya) beberapa usaha telah saya lakukan, termasuk install ulang driver soundcard, cari soundcard (pcmcia) baru (mahal jadi gak beli dech :p ), dll. Lalu saya berfikir untuk menginstall ulang semuanya dengan menggunakan CD bawaan dari toshibanya yang berisi OS n Drivers. Malam hari saya bekerja menginstall ulang OS n Drivers, tentunya dengan menggunakan CD asli dari toshiba, namun ketika proses penginstalan terjadi kesalahan pada disc 2 !!👿 (ini dia masalah baru !! ) :!:<Error> blablablabla (gak inget code errornya)❗, kesalahan yang fatal pada hal ini, waktu proses di disc 1 termasuk format partition ( cuma yang master aja (C:\) yang artinya tidak terdapat OS lagi yang terpasang pada harddisk !! kesel banget rasanya liat error yang berulang2 ada pada disc 2, secara yang ada pada CD bawaan OS berlisensi bersama drivers. akhirnya tanpa ambil pusing lagi setelah beberapa kali mencoba dan berharap sudah tidak ada error lagi pada disc 2 yang tentunya masih error² juga, saya coba cd OS Windows SP 2 (Farsi Included), install dan install.. namun ternyata dalam driver yang ada pada cd toshiba ini tidak support pada Windows XP SP 2 :mad:  ( Atheros Wireless Driver, Modem Driver, Display Driver Intel, dll) sejenak saya teringat lagu anak-anak jalanan “ini salah siapa ini dosa siapa, coba kita tanyakan pada TEH BOTOL, TEH BOTOL… Tehnologi BOdoh dan TOLol…”🙄 huh… helaan nafas yang ke sekian kalinya menghadapi masalah ini, jauh dari negri nusantara tercinta, berada jauh dari segala kebahagiaan yang hanya ada pada negri kita tercinta, Indonesia, dengan hiruk pikuk dan corak, keragaman sifat manusianya.. hal yang mustahil bagi saya sekarang untuk lepas dari dunia maya, saya sudah disibukkan oleh segala hal yang terkait dengan dunia ini, newbie yang cuma browsing, dan sesekali coding, mungkin manfaatin hasil karya orang lain, dll. informasi tambahan : microphone dicoba bwt voip bisa, lawan bicara tanggap dengan apa yang di omongkan di microphone (dicoba di skype, ym), keluaran gak ada, daerah pcmcia cpet panas (line in, wave) (informasi kerusakan pada hardware didapat dari dealer yang katanya resmi disini) bagi yang merasa mengalami hal yang serupa, mungkin bagi yang masalahnya udah terpecahkan/terselesaikan dapat share disini, atau bagi yang masalahnya belum terselesaikan dalam hal downgrade OS (dari Vista ke XP ), untuk toshiba Satellite A205-S4597, Drivernya dapat di unduh disini :

ALPS Pointing Device Driver ALPS Windows XP 6.0.305.6
9/17/2007 BIOS Update (Windows Installation) Toshiba Windows XP 5.20
7/12/2007 CDDVD Acoustic Silencer Toshiba Windows XP 1.00.008
10/22/2008 Chicony Camera Assistant Software Chicony Windows XP 6.2.238.1217/1.7.209.0807L
7/12/2007 Display Driver Intel Windows XP 6.14.10.4497
7/16/2007 Essential Driver Pack Toshiba Windows XP NA
7/12/2007 Fn-esse Toshiba Windows XP 1.0.0.1806C
7/12/2007 Installation Instructions Toshiba Windows XP NA
7/12/2007 Intel Chipset Utility Intel Windows XP 7.1.0.1014
7/12/2007 Modem Driver Toshiba Windows XP SM2177ALD04
7/12/2007 Network Driver Realtek Windows XP 5.664.205.2007
7/12/2007 Sound Driver Realtek Windows XP 5.10.0.5433
8/14/2007 Texas Instruments FlashMedia Driver TI Windows XP 2.0.0.7
7/12/2007 Toshiba Accessibility Toshiba Windows XP 0.49.2.1C
8/14/2007 Toshiba Assist Toshiba Windows XP 1.03.00upd3
8/26/2008 Toshiba Configfree Toshiba Windows XP 5.90.09
7/12/2007 Toshiba Controls Toshiba Windows XP 0.49.2.2C
9/20/2007 Toshiba Disc Creator Toshiba Windows XP, Vista™ 2.0.0.8
7/12/2007 Toshiba HotKey Utility Toshiba Windows XP 0.49.2.1C
7/12/2007 Toshiba HWSetup Toshiba Windows XP 0.49.2.1C
8/14/2007 Toshiba PC Diagnostics Toshiba Windows XP 3.2.4
7/12/2007 Toshiba Power Saver Toshiba Windows XP 0.49.2.1C
7/12/2007 Toshiba SD Memory Utilities Toshiba Windows XP 1.8.1.1
7/12/2007 Toshiba Supervisor Password Toshiba Windows XP 0.49.2.1C
7/12/2007 Toshiba TouchPad On Off Toshiba Windows XP 0.49.2.1C
7/12/2007 Toshiba Zooming Utility Toshiba Windows XP 0.49.2.1C
5/22/2007 User’s Manual Toshiba Windows XP, Vista™ NA
8/14/2007 Wireless Network Client Intel Windows XP 11.1.0.0.4
7/12/2007 Wireless Network Driver Atheros Windows XP 5.3.0.35
8/14/2007 Wireless Network Driver Intel Windows XP 11.1.1.100

sumber drivers : http://www.toshiba.ca


11 Responses to “What’s Wrong With My Toshiba NoteBook???”


  1. 1 prayudi
    20-November-2008 pukul 5:40 am

    ikut merasakan kesulitannya, semoga dapat cepat teratasi. Saya sendiri pernah pake laptop Toshiba, HP, kelihatannya cukp bagus tuch. Malah dibandingkan acer saya lebih rcomended toshiba. cuma sudah 2 tahun ini pegangannya jadi MAcbook jadi tdk tahu bagaimana perkembangan toshiba.

  2. 22-November-2008 pukul 11:23 am

    wah ga ada sinyal tuh oom laptopnya…

    wekekekeke..

  3. 23-November-2008 pukul 12:52 pm

    @prayudi (pak prayudi)

    suatu kehormatan bagi saya pak anda comment di blog saya🙂 solusi terakhir yang saya tempuh ini dengan install ulang pake cd non registration pak, ya sedikit illegal lah (bukan sedikit lagi, buat vista banyak uang yang harus dikeluarkan😀 ) mau gimana lagi, cd toshibanya gak bisa ya:mrgreen: tapi insya Allah itu sementara aja pake yang illegal buat laptop yang saya pake ini🙂 pake yang illegal serba dibatasi ga ada enaknya😥 banyak fitur yang dihapus oleh si cracker (mungkin krn ga mampu cracking bagian fitur yang dihapus sm cracker itu ya😆 )

    memang klo dibandingkan dengan Acer toshiba masih lebih kedepan baik hardware maupun software (kata tmen2 juga, belum jelas banget ini) mungkin bpk waktu itu pke portege ya pak🙂 klo zaman portege mungkin yang rekomendasi hampir setiap yang saya tanya pak🙂 sekali lagi terima kasih, ini juga udah termasuk support bagi saya🙂

    @BernadSatriani

    sinyal apa bro :hammer: sinyal wireless dah kebaca, selain itu gak ada radio yang aktif lagi, jadi selain wireless laptop gw ga ada sinyalnya:mrgreen: wireless ON😉 yang gak ON sound outputnya😥

  4. 4 blyton
    6-Desember-2008 pukul 1:50 am

    kalo toshiba satelite u205-s5034 sma laptop toshiba satellite A205-S4597 drivernya ada yang sama ga y?
    soalnya cd driver laptop toshba saya ilang,,
    jadi harus cari satu2,,
    mohon replay ke byton08@yahoo.com,,

    saya tnggu,,
    tx

  5. 6-Desember-2008 pukul 6:22 am

    @byton
    sepertinya drivernya sama aja pak/bu/mas/mbak/……, coba check di website di atas post ini atau
    http://www.csd.toshiba.com/cgi-bin/tais/support/jsp/home.jsp?nav=Download

    sumber yang di atas pencarian bisa dilihat di http://support.toshiba.ca/support/Download/ln_byModel.asp

    email juga sudah dikirim ke email bpk/ibu/mas/mbak/….

    terima kasih atas kunjungannya kemari🙂

  6. 6 budi
    26-November-2009 pukul 9:45 am

    saya punya laptop toshiba A205 trus saya istal pke ws 7 tapi pas selesai ga mau putar dvd kalo maksa putar laptopnya mati sendiri. btw dulu saya punya laptop kayak gini jga msalahnya hampir sama trus nda bsa diapa2kan lagi tggal beli baru. cos service toshiba dah nyerah jadi gua nukar tambah dech. plis kasi tau apa memang toshiba itu ga bleh instal pake software lain atau bagaimana???

    • 28-Juni-2010 pukul 4:57 am

      masalahnya mungkin klo mau disamain, sama2 masalah di hardware Toshibanya, emang waktu ke toko yang saya beli juga dari sana dah angkat tangan, karna peripheral yang saya inginkan tidak tersedia, saya sempat keliling daerah jogja untuk mencari solusi, waktu itu saya sampai ke Eros Computer, mungkin klo saya sedikit bersabar suara di laptop saya dapat pulih kembali, namun dikarenakan tidak cukupnya waktu untuk menunggu pembenahan laptop saya disana (di Eros.com(=nama toko)) akhirnya laptop saya tetap membisu tidak bersuara, klo masalahnya bro budi itu sepertinya sudah clear, kan dah tukar tambah😆 klo masalah software (yang buat burning CD) memang sepertinya proses itu melambat, bukan gak bisa, mungkin karna kelemahan hardwarenya, gk seperti CD-RW punya PC, saya juga pernah mencoba install Nero Express, hasilnya bukan gk bisa, tapi melambat.

  7. 8 Angger Putranto
    2-Desember-2009 pukul 11:52 am

    saya merasakan apa yang anda rasakan… soundcard toshiba bermasalah… sungguh..susah rasanya… lapotop yang jadi soul mate tiba2 mogok bersuara…

    anda beruntung udah bisa mengatasi masalah itu… nah samapi saat ini saya masih dirundung dengan permasalahan sound card… tolongin saya dunk…saya ingin tahu toko komputer yang ada maksud di jogja itu toko apa? di mna? dan kira-kira habis berapa? sebab di SBY dgr2 juga ada toko komputer yang bsia atasi masalh soundcard toshiba dg biaya 400-500rban…

    thx atas informasinya dan mohon bantuannya….

  8. 9 angger putranto
    3-Desember-2009 pukul 5:40 pm

    mohon informasi di jogja itu nama tokonya apa? trus kira-habisnya berapa??
    kalau di surabya punya nama toko yang direkomendasikan ga??
    tolong balas di gendon_merto@yahoo.com…thx!!

    • 28-Juni-2010 pukul 5:02 am

      klo dengan biaya 400-500an ribu, tapi dengan syarat ganti hardware (bukan service) ganti aja bro, di jogja waktu itu kurang dari 400 ribu rupiah ganti chipnya aja, tapi mreka nggantinya bukan yang merek toshiba, tapi punya Acer (klo gk salah inget)

      btw, surabaya juga termasuk pusat (grosir) perjual-belian elektronik, mungkin banyak tempat yang bisa anda kunjungi disana.

  9. 28-Juni-2010 pukul 4:47 am

    @budi & @Angger Putranto

    Sorry lama banget responnya.


Tinggalkan Balasan

RSS Mr. Mamatto Moved

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Blog Stats

  • 53,028 hits

Kalender

November 2008
S S R K J S M
« Agu   Jun »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Community


Add to Technorati Favorites

